Thursday, 1 March 2012

Bangga??

wah, kayaknya aku memang bukan warga negara yang baik. Aku tau, Indonesia itu adalah negara yang patut untuk di banggakan, mulai dari fakta bahwa Indonesia itu, Negara kepulauan terbesar, Negara maritim terbesar di dunia, Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia, Negara dengan bahasa daerah terbanyak,Negara dengan muslim terbesar di dunia, Memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia, Monumen Budha (candi) terbesar di dunia, Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945, Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)
,Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002), Penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua, Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam(Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), Pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia, Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia), Memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 species, Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua, Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi, Binatang purba yang masih hidup: Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg, Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter, Memiliki primata terkecil di dunia, yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi, Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi, Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.
Tapi anehnya saya tidak bangga dengan hal itu. Mungkin karena nasionalisme saya yang rendah jadi saya menganggap Indonesia masih belum bisa membuat saya bangga. Kenapa? Tentu saya punya alasan, dan alasan alasan saya adalah..
-Bank dunia pernah mengungkap angka kemiskinan di Indonesia sebesar 49% atau lebih dari 100 juta jiwa (jika ambang batas kemiskinan-proverty threshold) diukur dari kegagalan pemenuhan hak-hak dasar (basic right) atau dengan skala pendapatan di bawah 1-2 dolar AS perhari. Sekalipun demikian, dengan standar berbeda, BPS menyatakan hanya 16,5% saja penduduk Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan atau sekitar 36,8 juta jiwa (2008). Wah padahal Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam ya, ko bisa?
-Mata uang Indonesia juga termasuk salah satu mata uang terendah nilainya di dunia. Wah-wah, padahal kita senengnya impor barang, ini impor, itu impor, pantesan aja perekonomian ngga maju-maju. ckckck
-Warta ekonomi 12 Juli 2009 juga mengungkap,Negara penghutang terbesar berdasarkan PBD. Padahal kita tau kan kalau negeri ini kaya hasil tambang.
-Pada tahun 2009 Indonesia disebut sebagai Negara dengan perekonomian paling korup di Asia. Indikasi tersebut berasal dari survey yang dilakukan oleh Lembaga Konsultasi Risiko Politik dan Ekonomi (PERC) yang dilansir oleh agen berita Perancis AFP. Wow, menakjubkan.. Padahal negara kita adalah negara yang telah menetapkan pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam kurikulum, ko bisa ya?
-Indonesia ditempatkan di peringkat 102 dari 149 negara yang masuk dalam daftar peringkat Negara hijau dunia yang dilakukan Universitas Yale dan Universitas Columbia, Amerika Serikat (AS). Yah, padahal kita berada di wilayah garis khatulistiwa yang mana hutan bisa tumbuh dengan lebat, tanpa harus melalui 4 musim yang merontokan daun-daun. ckckckc, tau penyebabnya?
-Meskipun kaya akan flora dan fauna, namun Indonesia dikenal juga sebagai Negara yang memiliki daftar panjang tentang satwa liar yang terancam punah. Ya iyalah, hutannya aja di babat habis buat pemukiman dan perkebunan. Belum lagi mereka-mereka yang matanya ijo. Kelestarian flora-fauna itu ngga ada harganya sama sekali, yang penting duit dan duit.
-Sekalipun Indonesia mempunyai wilayah laut terbesar di dunia, akan tetapi nelayan sering kekurangan bahan bakar untuk melaut. Karena penghasilan yang serba pas-pasan nelayan tak jarang menggunakan formalin untuk mengawetkan hasil tangkapannya, sekalipun itu sama saja meracuni bangsa sendiri. Wessssss, negara kepulauan je..
-Kita adalah penghasil sawit terbesar akan tetapi harga sawit ditentukan oleh bursa komoditi di Belanda yang tidak punya kebun sawit. Kenapa bukan kita yang menetapkan??????? Coba suruh Belanda buat naikin harga sawit. Ngga berani ya? Ya udah, ngga usah njual sawit, toh kita penghasil sawit terbesar. kalo ngga di jual mau diapain? Olah sendiri, pake sendiri. batasi pemakaian minyak luar negri. Katanya kalian punya rasa nasionalis tinggi?
-Hasil coklat kita No. 3 di dunia tapi tidak ada yang kenal cokelat Indonesia. Swiss yang tidak banyak mempunyai kebun cokelat, justru dikenal sebagai produsen cokelat terlezat di dunia. Pantesan, petani kopi kita miskin-miskin, kita jual mentah si. jangan salahkan petani yang ngga mau ngolah coklat biar lebih bernilai tinggi, mereka ngga punya modal cuy.. Coklat mentah itu murah.
-Banyak kopi dihasilkan dari Indonesia, akan tetapi karena dianggap tidak meyakinkan, kopi kita harus dijual dengan label Made in Italy agar lebih mudah masuk pasaran Internasional.
-Sekalipun berbagai tumbuhan herbal alami subur di sini, Indonesia menempati peringkat sepuluh besar untuk berbagai penyakit. Ya iyalah, kan kita sukanya yang made in Asing. ogah lah minum jamu, pait, ribet. Padahal obat generik belum tentu halal loh.
-Indonesia boleh bangga dibilang sebagai bangsa yang mulai melek internet. Pemakai situs facebook di Indonesia termasuk terbesar di dunia dan pengguna Blackberry pun meningkat pesat.Tapi sayangnya Indonesia terus mengalami peningkatan sebagai pengakses situs porno internet. Hayo. lu lagi ngakses apa bro??????
-Angka buta huruf di Indonesia mencapai 13,2 juta jiwa, termasuk terbesar. Padahal APBN untuk pendidikan ngga kecil lo Bung.
-Indonesia berada di urutan ke-2 sebagai tempat paling buruk untuk ekspatriat bekerja di seluruh dunia dan ibukota Nigeria, Lagos, sebagai kota terburuk peringkat pertama di dunia. Dalam keterangannya, Jakarta mendapat keterangan peringkat “Very High Risk Location” dengan permasalahan-permasalahan besar: polusi, penyakit & sanitasi, fasilitas-fasilitas medis, kekerasan & pengekangan politis, lingkungan politis & social, kriminalitas.

Masih bangga jadi bangsa Indonesia????
Untuk sekarang, mungkin tidak, tapi buktikan pada dunia, pada mereka yang masih menjajah Indonesia dengan leluasa bahwa kita ada untuk membanggakan Indonesia. Caranya?
Mulai dari diri sendiri.
Karena kita tak mungkin mengandalkan mereka yang berada di posisi atas, tak mungkin mengandalkan mereka pemegang saham, apalagi mengandalkan TKI, mereka hidup pun susah, so, ayo perbarui diri kita. Jadikan diri kita pantas untuk di banggakan. Bukan menjadi orang yang pantas di hinakan karena korupsi, karena dzalim apalgi karena bodoh.

Semoga kita bisa, dan kita pasti bisa, dan jangan mau jadi manusia yang biasa-biasa saja karena kita manusia luar biasa!!!

Semangat!!!!!!!


Sumber : -Buku No Excuse by Isa Alamsyah
-http://catatan-gume.blogspot.com/2010/06/23-fakta-tentang-indonesia.html

0 Apa Kata Mereka???:

Post a Comment

Followers

Follow by Email

Google+ Followers

About Me

My photo
Warna-warna yang selalu menghidupi kehidupan anda. Serba-serbinya, seluk beluknya. Bukan aku, tapi warna-warnaku dari refleksi tulisanku. Ayo menulis!!!

Popular Posts

Copyright © Tinta Kering | Powered by Blogger
Design by Blog Oh! Blog | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com